Sabtu, 26 Oktober 2013

Ikan Asap Selais Daerah Riau



Ikan asap selais adalah salah satu produk yang berasal dari Provinsi Riau. Produk ini adalah jenis makanan yang berasal dari bahan baku yaitu ikan Selais. Produk ini berdasarkan riset yang dilakukan di internet masih sedikit orang yang menjualnya. Produk ini dikarenakan berasal dari Provinsi Riau maka bisa dikatakan makanan khas dari Daerah Riau.
Cara pembuatan ikan asap selais ini sendiri merupakan hal yang cukup sederhana, yaitu ikan selais yang didapat dari sungai kemudian dijemur selama lebih kurang 1 hari. Setelah dijemur ikan tersebut diasap dengan menggunakan kulit kayu agar dapat memberikan aroma citarasa yang khusus, pengasapan tidak hanya dibagian sana, namun juga dilakukan pengasapan dengan menggunakan rambutan sebagai aroma khas.
Ikan dari riau ini sendiri yang mempunyai berat dalam keadaan segar yang mencapai 3 – 4 ons setelah dilakukan pengasapan mempunyai berat kurang dari 1 ons per ekornya, namun hal tersebut membuat ikan tersebut nikmat untuk dinikmati dan terasa gurih. Pengolahan ikan asli riau ini di daerah asalnya kebanyakan digoreng dengan cabe merah yang diberi sedikit air jeruk nipis, sehingga memberikan sensasi khas saat dinikmati
Ikan asap selais ini mempunyai harga yang tidak tetap, yaitu seputaran Rp. 140.000 sampai Rp. 160.000 perkilonya, dikarenakan penurunan berat yang sangat spontan saat dilakukan proses pengasapan. Harga asal ikan berkualitas ini sebelum dilakukan pengasapan cukup fantastis dikarenakan sulitnya menangkap ikan ini. Selain sulit didapatkan, ikan ini hanya terdapat di daerah aliran sungai Rokan kabupaten Rokan Hilir, kecamatan Rantau Kopar Desa Sungai Rangau salah satunya selain di daerah Kabupaten Kampar atau aliran sungai Kampar di Provinsi Riau.
Selain tidak hanya digoreng, ikan ini juga bisa dimasak dengan cara dijadikan gulai, yaitu mencampurkan ikan ini kedalam gulai asam pedas, masyarakat asli sering membuat masakan ini sebagai makanan khas asli daerah itu.
Demikianlah informasi mengenai ikan asap selais asli Provinsi Riau, semoga informasi ini bermanfaat dan mampu mengembangkan potensi alam asli Indonesia.

1 komentar: